Thursday, February 4, 2021

Review Sunscreen L’oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh Long UV SPF 50/PA++++

 

(sumber : https://www.watsons.co.id/l-oreal-paris-uv-perfect-matte-fresh-sunscreen-skin-care-spf-50-pa-30ml/p/BP_50268)

            Sunscreen L’oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh Long UV SPF 50/PA++++ dengan warna hijau sepertinya adalah yang paling banyak beredar di pasaran dan paling sering direview. Sebenarnya ada varian lain yang dengan warna kemasan yang berbeda-beda dan kegunaan yang berbeda juga, yaitu Transparent, Instan White, Super Aqua Essence, dan Anti Dullness. Warna kemasan lainnya ada putih, pink, dan biru. Satunya lagi juga berwarna putih gitu kemasannya. Jadi, yang mau beli dan belum terlalu paham, sebaiknya diperhatikan kemasan dan kegunaannya karena sering tertukar dan membuat bingung. Apalagi dari satu varian ke varian lain itu bisa memberikan efek yang berbeda-beda tergantung jenis kulit kita. Kalau aku sendiri memilih yang kemasan hijau dengan klaim fungsinya Matte & Fresh, artinya kalau ingin memakai sunscreen tetapi tidak terkesan sangat berminya, varian ini adalah yang paling cocok.

            Secara umum, kemasan sunscreen dari L’oreal ini tebal namun volumenya tipis, cukup mungil, sehingga susah untuk dipencet. Kalau waktu isinya masih banyak sih mudah dikeluarkan isinya, tapi ketika sudah mulai habis, agak keras gitu ya dan membuat tangan sakit. Apalagi isinya memang nggak banyak, yaitu hanya 30ml. Pemakaian untuk sunscreen kan lebih baik banyak, seukuran dua ruas jari, jadi dengan isi 30ml dan kemasan yang susah dikuliti, tentu sunscreen ini hanya cukup untuk waktu yang singkat saja.

    Harga sunscreen L’oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh Long UV SPF 50/PA++++ waktu saya beli adalah sekitar tujuh puluh ribuan sedangkan ada toko yang menjual seharga sembilan puluh ribuan atau bahkan di atas seratus ribu. Saya juga tidak tahu kenapa harganya bisa sangat berbeda-beda antara satu toko dengan toko yang lainnya. 

      Di luar kemasan, masih ada plastik berwarna biru sebagai kemasan luarnya. Kemasan plastik ini mudah dibuka dengan sekali robek saja. Tidak seperti produk lain yang menggunakan box sebagai kemasan luar.

           Klaim di kemasan sunscreen L’oreal ini adalah ‘Advanced Oil Control, UV Protector’ jadi ekspektasi kita tentu kalau menggunakan sunscreen ini, selain sebagai protektor, juga akan mengurangi efek berminyak di wajah dong. Sunscreen L’oreal semuanya juga mengandung SPF 50+ PA++++ Long UVA. SPF 50 memang lebih bikin tenang ya, apalagi di kota-kota yang panas di Indonesia, rasanya kalau Cuma SPF 30 masih terasa kurang, gitu. Tapi, bagi sebagian orang, kadang SPF 50+ bisa tidak cocok sehingga nantinya memunculkan breakout. 

           Bagi saya sendiri, kandungan SPF 50+ PA++++ tidak menjadi prioritas utama, karena bagi saya kandungan SPF 30 saja sudah cukup untuk dipakai sehari-hari. Bagi saya, yang penting sunscreen itu tidak failed ketika digunakan. Tidak failed artinya tidak membuat wajah semakin kusam, tidak menimbulkan breakout, tidak membuat berdaki ketika dipakai selama berjam-jam. Juga tidak greasy atau membuat make-up menjadi menggumpal dan tidak bisa menyatu dengan sunscreennya.

            Tekstur sunscreen L’oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh Long UV SPF 50/PA++++ agak kental dan berwarna putih. Karena kemasan atasnya runcing jadi mudah untuk menakar ukuran sebanyak dua ruas jari itu. Waktu diambil untuk diaplikasikan ke wajah, jari juga tidak lengket. Saat mengoleskan ke kulit wajah, produk sunscreen L’oreal ini mudah meresap dan tidak mengkilap. Selain itu juga mudah banget meratakannya. Biasanya kan, ada suncreen yang susah meresap apalagi kalau memakainya banyak.

       Saya suka dengan sunscreen L’oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh Long UV SPF 50/PA++++ karena tidak menimbulkan ‘white cast’. Memang sih, sunscreen L’oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh Long UV SPF 50/PA++++ ini bukan tipe sunscreen yang matte banget. Saya tetap masih perlu menggunakan bedak tabur supaya kulit terlihat lebih matte. Tapi, kalau setelahnya kita memakai foundation dan bedak, sunscreennya tetap stay dan tidak menggeser make up kita karena sunscreen L’oreal ini cepat sekali meresap dan tidak meninggalkan licin atau warna abu-abu di wajah.

            Untuk kemampuannya dalam menangkal efek sinar matahari, bagi saya standar saja dibanding dengan sunscreen yang lain. Tidak ada bedanya ketika saya menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau SPF 50. Hanya saja bedanya antara lebih nyaman dipakai atau tidak. Selain itu, sunscreen L’oreal ini juga tidak menimbulkan breakout di wajah saya. Saya sudah memakai sunscreen L’oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh Long UV SPF 50/PA++++ selama dua tahun dan wajah saya aman dari breakout. 

                  Yang agak saya bingungkan, pernah wajah saya jadi lebih mudah berdaki ketika siang setelah menggunakan sunscreen ini. Memang setelah memakai sunscreennya, saya menimpa dengan bedak tabur. Saya juga tidak yakin apakah daki ini disebabkan oleh sunscreen, bedak atau gabungan dari keduanya yang lama-lama tidak cocok. Kasus ini juga tidak terjadi setiap hari, jadi mungkin kondisi kulit juga berpengaruh pada kualitas skincare dan make-up yang kita gunakan.

                Last, sampai saat ini Sunscreen L’oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh Long UV SPF 50/PA++++ masih menjadi andalan saya ketika sunscreen saya habis. Saya kadang mencoba sunscreen lain, tapi untuk basic sehari-hari dan supaya aman, saya menggunakan Sunscreen L’oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh Long UV SPF 50/PA++++ .


Scor :

Price : 3

Quality : 4

Repurchase : Yes

No comments:

Post a Comment